Sebagian besar masyarakat Indonesia terlalu memandang sebelah mata
tentang Asuransi dan produk - produk didalamnya. Hal ini mungkin kurang
nya tingkat kesadaran masyarakat, kurangnya informasi dan edukasi dari pihak agen asuransi itu sendiri ataupun pemerintah
secara umum karena berbenturan dengan masalah sumber daya manusia dan
penghasilan tetap.
Sedikit membahas tentang masyarakat Indonesia
yang sudah mempunyai polis namun protes keras karena tidak bisa
mengajukan klaim, dimana masalah ini juga menjadikan salah satu faktor yang
bisa mendekriminasikan tentang perusahaan Asuransi tentunya. Padahal
jika kalau ditelaah lebih lanjut maka akan didapati banyak hal yang
membuat Asuransi jiwa tidak membayar klaim.
Tentang mengapa terjadi penolakan pembayaran klaim asuransi yang ternyata terjadi karena alasan-alasan dibawah ini :
1. Agent Tidak Jujur.
Banyak agent hanya mengejar target penjualan dan komisi, sehingga mereka enggan menjelaskan panjang lebar tentang produk yang di tawarkan, selain karena bisa membuat sales cycle menjadi lebih panjang, juga beresiko calon nasabah batal membeli.
2. Nasabah Tidak Jujur.
Banyak orang baru menyadari pentingnya asuransi ketika sudah di jangkiti
penyakit serius seperti kanker, jantung, dll. Apabila nasabah mengisi
dengan jujur SPAJ (Surat Permohonan Asuransi Jiwa) penyakit yang sudah
di deritanya, sudah pasti akan di tolak karena perusahaan asuransi
bukanlah yayasan sosial.
3. Pengecualian dalam polis
Banyak agent (yang jujur sekalipun) lalai dalam menjelaskan
pengecualian-pengecualian yang ada dalam polis. Di jelaskan atau tidak
oleh agent, dibaca atau tidak oleh nasabah, pengecualian tetaplah
berlaku, artinya bila klaim anda masuk dalam pengecualian, maka jangan
marah apabila klaim anda di tolak. Bagi anda yang sudah memiliki polis
asuransi, baca dan pahamilah sekarang pengecualian-pengecualian yang
ada, agar anda tidak kecewa nantinya.
4. Karena perusahaan asuransi tidak bonafid
Asuransi jiwa adalah sebuah kontrak jangka panjang, dalam banyak hal,
klaim baru terjadi setelah sekian puluh tahun menjadi nasabah. Karena
itu pilihlah sebuah perusahaan yang aman, terpercaya, dan untuk
memudahkan anda. Dalam hal ini seperti perusahaan asuransi jiwa PT.
Prudential Life Assurance yang hadir di Indonesia sejak tahun 1995 dan sekarang menjadi Best Insurance Companies 2013 yang concern pada kebutuhan nasabah mengandalkan riset untuk mengetahui kebutuhan nasabah dapat diandalkan untuk safety dan proses kecepatan klaim.
'ALWAYS LISTENING, ALWAYS UNDERSTANDING'
Tidak ada komentar:
Posting Komentar